Search here and hit enter....

10 Tips Mencari Ide Menulis Blog Bagi Anda

Memang ada kalanya di saat menulis kita kekosongan ide. Tetapi bagaimana jika kita mampu mengisi kekosongan tersebut dengan ide-ide baru yang datang tanpa kita duga. Tentu menarik bukan? Maka mari simak beberapa tips mencari ide menulis blog berikut:

1. Fokus Pada Topik Yang Anda Tulis

Ini adalah cara yang seringkali kita lakukan, namun kita tidak terlalu memperhatikannya. Fokus pada topik mampu membangkitkan ide-ide baru dengan tanpa kita sadari. Bisakah seperti itu? Tentu saja bisa, dan hampir dari kita semua telah melakukannya. Kita ambil satu contoh yakni bagaimana kita mampu menyelesaikan suatu game dengan sangat cepat.

Ide kita muncul tanpa kita sadari bukan? Hal ini terjadi karena kita fokus pada sesuatu yang menjadi perhatian kita. Lalu bagaimana dengan menulis? Sama. Yang harus kita lakukan adalah fokus pada topik yang akan kita tulis, dengan begitu ide akan datang dengan sendirinya.

Otak kita ibarat mesin yang harus dipanasi. Bila otak kita telah terpacu, ide-ide baru akan datang secara bertahap. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi salah satu Tips mencari ide menulis blog yang perlu dicoba.

2. Jangan Berhenti Ketika Otak Telah Terpacu

Biarkan pikiran Anda bergerak dengan sendirinya ketika otak telah terpacu. Karena sebenarnya otak kita baru saja menemukan ide, atau dalam bahasa trendy nya “it’s just a beginning”. Bila kita membiarkan otak kita bekerja, ide-ide baru akan lebih banyak bermunculan. Akan sayang jika kita berhenti pada saat itu, karena bisa jadi selangkah lagi kita bisa menemukan ide yang paling penting.

3. Banyak-Banyaklah Membaca Buku

Sumber pengetahuan adalah dengan membaca. Melalui membaca buku-buku, kita akan menemukan kosakata-kosakata baru yang dapat menginspirasi kita untuk menulis kalimat dalam blog. Melalui membaca juga, ada sesuatu yang akhirnya dapat kita pahami dan kita terapkan dalam menulis blog.

Semakin kita terpacu untuk membaca, semakin berpeluang bagi kita untuk menemukan ide lebih banyak. Karena dengan membaca, mata dan ingatan kita akan terbiasa dalam merangkai kata, yang selanjutnya dapat kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Jadi jangan lelah membaca!

4. Jalan-Jalan Ke Tempat Lain

Ini adalah salah satu tips mencari ide menulis blog yang bersahabat. Bila pada akhirnya kita sudah benar-benar merasa jenuh dan tidak dapat menemukan ide sedikitpun, lakukanlah refreshing. Kita dapat melakukan refreshing dengan jalan-jalan ke suatu tempat yang menyenangkan atau tempat-tempat yang kita anggap sejuk dan mampu menjernihkan pikiran. Di sana kita bisa mencari ide dengan melihat-lihat pemAndangan dan ramainya orang-orang yang sedang berjalan. Bila sudah ada ide yang muncul, kita tampung dulu. Dan kita tulis bila kita sudah berada dalam situasi yang tepat.

5. Menghibur Diri Sendiri

Jangan paksakan bila kita benar-benar dalam kondisi pikiran yang kurang stabil atau depresi. Karena justru bila kita paksakan, kata-kata yang kita tulis menjadi berantakan. Untuk itu, kita perlu menghibur diri dulu dengan olahraga atau bermain game.

Ada kalanya otak kita membutuhkan stabilitas agar mampu fokus searah dengan apa yang kita harapkan. Hiburlah diri kita dengan sesuatu yang berkesan dan mampu memotivasi kita untuk mencari ide-ide untuk menulis.

6. Lakukan Kontak Sosial

Berbicara dan komunikasi dengan orang lain dapat membantu kita mengenali kata-kata  yang pantas diketik dalam blog. Melalui apa? Melalui bahasa yang kita ucapkan atau bahasa yang diucapkan oleh orang lain. Percakapan yang intens dan bermakna akan mampu memunculkan inspirasi. Dari inspirasi, akan dapat memunculkan sebuah ide dari interaksi sosial.

7. Lakukan Pekerjaan Yang Memotivasi

Daripada kita bersantai-santai akan lebih baik melakukan suatu pekerjaan yang dapat memotivasi. Misal, kita membuat suatu kerajinan, menulis sebuah poster, atau mengerjakan tugas akhir. Dengan kita melakukan pekerjaan yang bermanfaat, pikiran kita akan terlatih menghadapi situasi yang dilematis. Dari situasi yang dilematis itu, ide-ide justru akan muncul secara sendirinya. Dan selanjutnya akan berdampak pada aktivitas menulis blog ketika ketika mencoba memfungsikan pikiran kita.

8. Lihat Blog Milik Orang Lain

Tidak perlu gengsi untuk dapat menghasilkan yang terbaik. Kita perlu menengok ke kiri dan kanan kita akan keberhasilan orang lain dalam membuat suatu karya. Misalkan kita menengok blog milik seseorang yang cukup terkenal. Dari situ kita bisa melihat kata-kata dan kalimat yang digunakan. Kita bisa meniru cara mengungkapkan kata-kata dan kalimat tersebut. Karena kita terinspirasi dengan orang yang lebih tinggi dari kita, biasanya ide-ide justru akan banyak bermunculan dalam benak kita.

9. Meminta Saran Dari Orang Lain

Tidak ada murid yang hebat tanpa guru yang hebat, benar? Kita tidak perlu malu untuk meminta saran dari orang lain tentang bagaimana tips mencari ide menulis blog. Karena semakin banyak referensi dari orang lain, semakin kita mempunyai banyak jalan untuk mencapai tujuan yang kita harapkan.

10. Mengunjungi Obyek Yang Dijadikan Topik Pembahasan

Kita juga perlu mengunjungi hal-hal yang berkaitan dengan topik pembahasan yang akan kita tulis. Bila kita ingin menulis blog dengan topik “tanaman-tanaman yang sering dijumpai di daerah pesisir pantai”, kita dapat mengunjungi pesisir pantai untuk menemukan sesuatu yang belum terpecahkan. Dengan melihat langsung obyek yang berhubungan dengan topik pembahasan, ide berpeluang besar untuk muncul di benak kita.

Itulah beberapa tips mencari ide menulis blog yang dapat bermanfaat bagi Anda. Tips-tips ini dapat segera Anda praktikan dalam menulis blog. Pastinya jika ide-ide dapat terus bermunculan dengan sendirinya, Anda akan dapat lebih terpacu untuk mengembangkan blog. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
BERIKAN KOMENTAR ()