Search here and hit enter....

5 Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

Setiap pemilik blog tentunya ingin agar trafik pengunjung blog mereka terus meningkat karena jika pengunjung website semakin banyak maka posisi website juga akan semakin meningkat. Untuk mendapatkan hal tersebut, dibutuhkan teknik SEO atau search optimization engine yang tepat. Ada beberapa cara optimasi SEO yaitu dengan cara onpage dan offpage. Namun kali ini kita akan membahas tentang cara optimasi SEO onpage pada blog yang dapat anda lakukan.

1. Optimasi Pada Judul Artikel Yang Akan Dibuat

Cara mengoptimasi SEO onpage pada blog dimulai dari optimasi judul artikel yang akan Anda buat. Bagaimana caranya? Pastikan Anda sudah membuat judul yang berhubungan dengan keyword atau kata kunci yang akan di bidik. Optimasi judul yang paling maksimal adalah dengan meletakkan keyword pada bagian awal judul artikel.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat artikel tentang membuat artikel yang baik dan anda sudah research keyword yang tepat misalnya “cara membuat artikel yang baik” maka Anda bisa membuat judul “7 cara membuat artikel yang baik dan benar”.

2. Lakukan Optimasi Pada Sub Judul Atau Sub Heading

Langkah kedua adalah dengan melakukan optimasi pada sub judul artikel Anda. Artikel yang baik tentunya memiliki sub judul atau yang lebih dikenal dengan sub heading untuk mempermudah pembaca dalam memahami artikel yang dibuat. Selain membantu pembaca, ternyata sub heading juga membantu mesin pencarian untuk mendeteksi artikel yang di posting. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan keyword pada sub heading 2 dalam artikel Anda. Tapi perlu anda perhatikan, jangan sampai Anda memaksakan menanam keyword pada sub heading karena akan terkesan tidak enak di baca.

3. Optimasi Pada Isi Artikel Yang Dibuat

Membuat konten yang unik dan berkualitas tentunya akan disukai banyak pembaca. Sayangnya trik ini tidak menjadi salah satu cara mengoptimasi SEO onpage pada blog. Teknik SEO onpage yang harus anda lakukan adalah dengan memperhatikan kepadatan kata kunci atau yang lebih dikenal dengan keyword density.

Maksudnya adalah dengan memperhatikan bagaimana meletakkan kata kunci dalam artikel yang dibuat. Selain itu perhatikan juga berapa kata kunci yang ada dalam artikel dan di mana saja meletakkan kata kunci tersebut. Untuk mengoptimasi SEO onpage pada blog Anda harus menanamkan kata kunci pada maksimal 75 kata pertama dalam artikel, kemudian di tengah artikel dan di paragraf terakhir dalam artikel.

4. Optimasi Pada URL Postingan

Cara optimasi SEO onpage selanjutnya adalah dengan melakukan optimasi pada URL postingan yang anda buat. Cara optimasi URL adalah dengan memasukkan kata kunci yang akan dibidik dalam URL. Untuk pengguna blogger biasanya URL sudah terbentuk secara otomatis dan menyesuaikan dengan judul artikel yang dibuat.

Namun beberapa pakar SEO menyarankan bahwa untuk optimasi URL sebaiknya dengan mempersingkat URL langsung pada kata kunci yang dituju. Jadi kesimpulannya berarti Anda cukup memasukkan keyword yang dibidik untuk URL artikel Anda.

5. Optimasi Pada Image Atau Gambar

Terakhir, Anda harus melakukan optimasi pada image atau gambar. Anda jangan sampai melupakan gambar dalam postingan, karena gambar yang menarik mampu membuat pengunjung tertarik dan ingin melihat lebih jauh tentang isi artikel yang anda buat. Maka dari itu pilihlah gambar yang menarik dan sesuai dengan postingan yang Anda buat.

Untuk optimasi gambar Anda bisa lakukan pada titletext dan alttext yang terdapat pada properties gambar. Namun bagi anda pengguna blogspot, anda cukup klik pada gambar yang dimasukkan pada postingan  maka dari sana akan muncul pengaturan gambar yang bisa anda pilih. Klik “properties” dan isikan kolom titletext dan alttext dengan keyword yang anda bidik.

Itulah cara optimasi SEO onpage pada blog yang bisa Anda terapkan. Harus di akui setiap pemilik blog memiliki rumus konsep SEO onpage yang berbeda antara satu dan lainnya. Namun dari banyaknya perbedaan konsep mereka, konsep di atas yang sudah di bahas adalah konsep yang sama dan telah disepakati.  Sesuaikan saja optimasi artikel Anda sesuai dengan kebutuhan artikel.
BERIKAN KOMENTAR ()