Search here and hit enter....

7 Cara Membuat Artikel Blog Yang Berkualitas Dan SEO Friendly

Membuat artikel adalah hal yang harus dilakukan oleh pemilik blog ataupun website. Berbagai macam cara mereka gunakan untuk menghasilkan artikel guna memenuhi kebutuhan website termasuk memesan di jasa artikel maupun menulis sendiri. Bagi Anda yang ingin menulis sendiri namun belum menguasahi tekniknya, berikut ini cara membuat artikel blog yang berkualitas bisa anda coba:

1. Riset Kata Kunci

Pada dasarnya membuat artikel bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog. Namun bagaimana caranya mengetahui informasi apa yang banyak dibutuhkan? caranya adalah riset. Sebelum menulis artikel anda harus melakukan ini terlebih dahulu.

Dalam mencari kata kunci baiknya Anda mencari kata kunci yang cukup banyak dicari namun hasil pencarian di google tidak terlalu banyak. hal ini dilakukan supaya tingkat persaingan di google tidak terlalu tinggi, sehingga besar kemungkinan artikel Anda akan menempati halaman pertama google.

2. Melihat Artikel Kompetitor

Setelah mendapatkan kata kunci yang akan dibidik, ada perlunya Anda melihat artikel yang berada di halaman pertama google. Hal ini bertujuan supaya Anda tahu artikel seperti apa yang bagus dan mendapat ranking di google.

Ada hal yang perlu Anda ketahui dari artikel tersebut seperti jumlah kata artikelnya, seberapa lengkap penjelasan dari artikel tersebut atau bahkan pembahasannya mendalam atau tidak. Dengan demikian anda tahu jika ingin menggeser posisi mereka maka Anda perlu membuat artikel yang lebih dari pada mereka.

3. Membuat Kerangka Artikel

Buat kerangka artikel sesuai dengan pembahasan yang akan dibuat pada artikelnya. Kerangka ini dibuat dengan tujuan supaya arah pembahasan artikel tidak melebar namun bisa tetap fokus pada pembahasan utama.

Dalam membuat kerangka, pastikan artikel yang akan dibuat nanti lebih lengkap informasinya jika dibanding dengan artikel kompetitor. Gunakan heading dan subheading seperti H1 H2 H3 dan seterusnya agar artikel mudah dipahami oleh pembaca. Struktur artikel yang akan dibuat harus rapi dan bagus, pahami esensi penggunaan heading dan aturan aturan lain seputar kepenulisan.

4. Mencari Materi Dari Referensi

Jika sudah membuat kerangka artikel, maka Anda akan tahu informasi apa saja yang akan dibutuhkan untuk menulis artikel. Informasi bisa didapatkan dari banyak referensi yang ada di google termasuk kompetitor Anda.

Jangan hanya mengambil materi dari satu referensi saja, namun ambil dari banyak referensi dan gabungkan menjadi satu artikel yang lengkap dan informatif. Dengan demikian artikel akan lebih kuat dari artikel yang ada di google, ini akan membantu optimasi SEO yang Anda lakukan.

5. Menulis Artikel

Setelah semua materi siap, kini saatnya mulai menulis artikelnya. Jika materi sudah lengkap, proses menulis akan bisa lebih cepat karena bisa fokus mengembangkannya. Untuk tahap ini usahakan jangan sampai kekurangan bahan untuk menulis, karena jika masih mencari-cari materi maka akan memakan waktu yang lama lagi.

Ketika menulis artikel, pastikan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca. Biasanya kita menemukan istilah-istilah asing dari referensi yang sulit dipahami bisa disederhanakan menggunakan bahasa sendiri.

6. Editing Artikel

Proses editing sangat diperlukan dalam membuat artikel. Proses ini untuk memastikan artikel yang dibuat sudah baik dan benar atau belum. Biasanya penulis sering melakukan kesalahan dalam pengetikan seperti kesalahan ejaan.

Selain memastikan ejaan sudah benar, Anda juga harus memastikan artikel yang dibuat sudah proposional. jangan sampai artikel banyak di pembuka namun bagian inti hanya dibahas sekilas. Inilah pentingnya proses editing yang tidak boleh terlewatkan.

7. Optimasi Artikel

Apakah cara membuat artikel blog yang berkualitas berakhir di tahap menulis? tentu tidak jika ingin membuat artikel yang SEO friendly. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan artikel anda seperti setting meta permalink, meta deskripsi, alttext gambar dan lainnya yang mungkin akan dibahas pada artikel selanjutnya. Optimasi ini bertujuan agar artikel mudah terindeks Google dan mendapat ranking di mesin pencari Google.

Nah jika sudah selesai sampai tahap ke 7 anda tinggal menerbitkan artikel yang sudah Anda buat. Langkah di atas bisa selalu Anda gunakan dalam membuat artikel apapun agar artikel yang dibuat berkualitas dan mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.
BERIKAN KOMENTAR ()