Search here and hit enter....

Ingin Tampilan Blog Menarik, Inilah 8 Tips Mendesain Blog Bagi Pemula

Memiliki blog sendiri adalah suatu keuntungan besar bagi anda. Blog dapat anda fungsikan bermacam-macam, mulai dari membuat  karya, menyebarkan berita, hingga mempromosikan produk anda. Salah satu ciri blog yang berkualitas adalah memiliki desain yang menarik dan elegan. Dengan demikian, orang-orang akan tertarik mengunjungi blog Anda. Bila anda bingung cara desain blog, ada beberapa tips mendesain blog bagi pemula. Berikut beberapa tips mendesain blog bagi pemula, di antaranya:

1. Pilih Template Yang Sesuai

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk mendesain blog adalah memilih template yang sesuai dengan konten blog yang anda inginkan. Sebagai contoh, bila anda mengisi blog dengan konten wisata, maka pilih gaya template yang sesuai dengan unsur wisata. Anda dapat memastikan kecocokan template dari karakteristik gambar, warna, atau tampilan menunya. Untuk konten wisata, biasanya memakai template jenis Travelling Logbook yang identik dengan trip atau wisata.

Di Blogger ada banyak template yang menarik dengan khas konten masing-masing. Anda dapat memilih konten yang sesuai dengan selera anda. Namun yang harus diperhatikan adalah tampilan blog akan menarik jika template sesuai dengan konten yang ingin anda tampilkan.

tips mendesain blog

2. Edit Tema Template Anda

Tips mendesain blog bagi pemula selanjutnya adalah mengedit tema template agar terlihat lebih indah. Tema dapat diedit di Menu Desain, dan anda akan diantarkan pada tampilan editing tema. Selanjutnya anda perlu mengedit berbagai komponen yang tampak ketika orang lain membuka blog Anda, seperti  tampilan entri, latar tab, footer, garis-garis dan sebagainya. Unsur yang perlu anda edit adalah warnanya, karena warna adalah sesuatu yang berkesan pertama kali oleh pengunjung ketika menyaksikan blog Anda.

3. Gunakan Warna-Warna Kontras

Warna sangat vital digunakan dalam editing blog, karena seluruh komponen yang ditampilkan pada blog Anda membutuhkan warna yang selaras. Masing-masing warna pada komponen yang berbeda harus bisa memperjelas konten anda agar pengunjung dapat dengan mudah membacanya. Untuk itulah perlu digunakan warna-warna kontras untuk membedakan dengan mudah komponen yang satu dengan komponen yang lain.

Warna-warna yang kontras akan mampu menyalurkan dengan baik makna konten kepada pikiran pembaca sehingga informasi dapat diterima dengan mudah dan cepat. Hal ini berbeda jika menggunakan kombinasi warna yang hampir sama, karena pembaca harus teliti untuk membedakan komponen yang satu dengan lainnya.

4. Pilih Jenis Huruf Yang Menarik

Jenis huruf dapat anda pilih dengan bebas agar pengunjung tertarik dengan tampilan blog Anda. Biasanya model huruf yang menjadi daya tarik netizen adalah huruf yang bergaya. Anda dapat memilih jenis font yang anda anggap menarik untuk memperindah tampilan blog. Huruf bergaya akan menampilkan kesan yang berbeda dan baru bagi pengunjung.

Namun yang harus diperhatikan adalah gaya huruf jangan terlalu berlebihan. Anda tidak perlu banyak menggunakan jenis font yang berbeda dan kontras, karena justru dapat mempersulit pengunjung untuk membaca tulisan anda. Pilihlah jenis huruf ringan yang tidak membuat pengunjung berpikir mengenai tulisan anda, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan mudah.

5. Sesuaikan Karakteristik Huruf Dengan Tampilan Tema

Bila ingin tampilan blog lebih memuaskan, anda dapat memadukan karakteristik huruf yang anda pilih dengan desain tampilan tema anda. Misalkan tampilan tema berhubungan dengan wisata, maka jenis-jenis huruf yang dipakai dapat anda pilih yang lebih unik dan dengan gaya yang mirip dengan tulisan orang-orang pada umumnya. Hal ini akan membuat orang lain senang membaca tulisan anda.

Selain karakteristik huruf, anda dapat menyesuaikan warna huruf dengan warna tampilan tema. Warna huruf hendaknya kontras dengan background yang membelakanginya agar dapat mudah dibaca. Tidak perlu memakai warna huruf yang bermacam-macam, karena justru selain membuat pengunjung kesulitan mencerna bacaan, juga dapat mengaburkan esensi yang seharusnya didapatkan dalam membaca.

6. Menambahkan Widget

Tips mendesain blog bagi pemula selanjutnya adalah menambahkan widget. Fitur widget ini adalah fasilitas yang disediakan blogger agar anda dapat memasukkan kode HTML ke dalam tampilan blog berupa tulisan atau dalam bentuk gambar.

Situs web dengan konten berita atau pemasaran produk akan selalu membutuhkan widget untuk membawa pengunjung pada link tertentu yang lebih khusus atau informatif.  Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan memasukkan widget terlalu banyak karena dapat membuat loading website menjadi lambat.

7. Tambahkan Fitur-Fitur Lainnya

Bila anda masih belum puas, anda dapat menambahkan fitur-fitur lainnya seperti gambar, animasi atau bentuk-bentuk tertentu yang memperindah tampilan anda. Hal yang harus diperhatikan adalah fitur-fitur tersebut harus sesuai dengan isi konten bloganda. Berbagai gambar/animasi yang tidak sesuai dengan konten yang ada hanyalah berfungsi untuk memenuhi tampilan saja, dan justru akan dianggap aneh bagi sebagian pengunjung.

Selain kesesuaian, hendaknya fitur-fitur tersebut digunakan untuk memperjelas suatu kalimat atau paragraf. Misalkan untuk memperjelas paragraf yang mengulas tentang Pantai Parangtritis di Jogja, anda dapat menyertakan gambar pantai tersebut di bawah atau di atas paragraf sehingga lebih informatif.

8. Ikuti Pengaturan Blog

Selain segala hal yang perlu anda edit mengenai fitur-fitur yang telah disebutkan, ada hal wajib yang perlu anda cantumkan pada tampilan blog, yakni menu-menu layar. Sekreatif apapun tampilan blog yang dirancang, apabila menu-menu layar tidak disusun dengan baik dan mudah diketahui, justru akan membuat pengunjung menjadi bingung. Menu-menu layar yang harus ada adalah header, sidebars, search bar, subscription option serta author attribution.

Itulah beberapa tips mendesain blog bagi pemula beserta penjelasannya. Anda dapat mencoba tips-tips tersebut untuk membuat tampilan blog Anda lebih menarik dan berkualitas. Desain blog yang kreatif membuat orang lain tertarik mengunjungi website Anda.

BACA JUGA: Inilah 6 Tema Blog yang Paling Banyak Dicari
BERIKAN KOMENTAR ()